Soal US PPKN dan Kunci Jawaban SMP/MTs Tahun 2020

Ujian Sekolah/Madrasah untuk tingkat SMP/MTs tahun 2022 sudah semakin dekat dan sudah saatnya semua siswa yang duduk kelas 9 untuk mempersiapkan diri. Pada postingan kali ini admin memberikan soal US dan kunci jawabannya yang pernah diujikan pada tahun 2020. Silahkan pelajari soal US PPKn dan Kunci Jawaban berikut ini.



A. Pilihlah a, b, c atau d pada lembar jawaban yang dudah disediakan !

1. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. adanya politik devide et impera
  2. Tergantung pada satu pemimpin
  3. Pejuangan dilakukan menggunakan organisasi modern
  4. Tidak terorganisir, lemah kerjasama dan koordinasi
  5. Munculnya pemimpin perjuangan dari golongan cerdik pandai

Dari pernyataan tersebut di atas yang termasuk perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 adalah…. 

a. 1, 3 dan 4

b. 1, 2 dan 4

c. 2 ,3 dan 4

d. 2, 4 dan 5

Kunci Jawaban : b


2. Trilogi Van Deventer yang dikenal dengan politik etis sangat berpengaruh terhadap lahirnya nasionalisme. Program politik etis yang paling berpengaruh bagi bangsa Indonesia adalah... .

a. Irigasi

b. Migrasi

c. Trasmigrasi

d. Edukasi

Kunci Jawaban : D


3. Perhatikan pernyataan di bawah ini !

  1. Banyaknya orang Indonesia yang terpelajar
  2. Meningkatnya semangat untuk merdeka
  3. Meningkatnya kesadaran untuk bersatu dan berorganisasi
  4. Kemenangan Jepang atas Rusia
  5. Timbulnya gerakan nasional di beberapa negara

Faktor yang mendorong lahirnya pergerakan nasional yang berasal dari dalam (internal) terdapat pada nomor... .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 3 dan 4

c. 2, 3 dan 4

d. 2, 4 dan 5

Kunci Jawaban : a


4. Tokoh-tokoh yang mempelopori kebangkitan nasional adalah....

a. A. Sutomo, Ir Soekarno, dan Soepomo

b. Ir soekarno, H. Samanhudi dan Ki Hajar Dewantara

c. Sutomo, Ir Soekarno dan Ki Hajar Dewantara

d. Ir Soekarno, H. Samanhudi dan Soepomo

Kunci Jawaban : c


5. Pergerakan nasional adalah sebuah perjuangan yang dilakukan oleh organisasi secara modern yang disebabkan oleh ketidakpuasan terhadap keadaan masyarakat, Faktor utama yang menimbulkan pergerakan nasional di Indonesia adalah... .

a. Profesionalisme golongan terpelajar

b. Penolakan terhadap devide et Impera

c. Politik etis (balas Budi)

d. Organisasi pergerakan yang kooperatif

Kunci Jawaban : c


6. Masa pergerakan nasional di Indonesia dari tahun 1908 – 1942 dibagi dalam tiga tahapan, salah satunya adalah masa pembentukan. Organisasi pergerakan nasional yang berdiri pada masa pembentukan adalah... .

a. Parindra, Partindo dan Gapi

b. Budi Utomo, Partai Nasional Indonesia dan Partindo

c. Budi Utomo, Sarekat islam dan Indische Partij

d. Partai komunis indonesia, Perhimpunan indonesia dan Partai Nasional Indonesia

Kunci Jawaban : c


7. Berdirinya budi utomo pada tanggal 20 Mei 1908 dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut... .

a. Seluruh Rakyat Indonesia bersatu bangkit melawan Belanda

b. Seluruh rakyat Indonesia menyatakan sumpah setia kepada negara

c. Beralihnya pemimpin perjuangan dari generasi tua ke generasi muda

d. Perjuangan menuju kemerdekaan secara nasional mulai dengan cara baru (melalui organisasi Modern)

Kunci Jawaban : d


8. Mencapai kemajuan bagi Hindia Belanda terutama ingin memajukan pengajaran dan kebudayaan dalam berbagai bidang,merupakan tujuan dari organisasi... .

a. Budi Utomo

b. Partai Indonesia Raya

c. Gerakan Rakyat indonesia

d. Partai Nasional Indonesia

Kunci Jawaban : a


9. Organisasi pergerakan nasional yang merupakan partai politik pertama di Indonesia adalah... .

a. Budi Utomo

b. Indische Partij

c. Perhimpunan Indonesia

d. Sarekat Islam

Kunci Jawaban : b


10. Dalam perkembangannya budi utomo memiliki program mengembangkan kehormatan bangsa. Bangsa terhormat dalam konteks organisasi Budi Utomo yaitu memiliki... .

a. Penduduk banyak

b. Armada laut yang kuat

c. Pendapatan perkapita tinggi

d. Kedudukan sederajat dengan bangsa lain

Kunci Jawaban : d


11. Ki Hajar Dewantara mengkritik tajam pemerintah kolonial Belanda melalui tulisannya dalam harian de expres yang berjudul... .

a. Nolimetangori

b. Max Havelan

c. Als ik eens Nederlander was

d. Oetoesan Hindia

Kunci Jawaban : c


12. Berikut yang bukan merupakan contoh tindakan mengenai arti penting kebangkitan nasional adalah….

a. Merasa malu untuk berangkat ke sekolah karena tidak memiliki buku pelajaran

b. Senantiasa bekerja keras untuk membantu meringankan beban keluarga

c. Rajin mengikuti les agar dapat meraih peringkat pertama dalam ujian sekolah

d. Ikut serta dalam pendampingan pelatihan IPTEK dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengoperasikan komputer

Kunci Jawaban : a


13. Sebagai seorang pelajar Hartono memiliki tanggungjawab untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih maju. Hartono memiliki cita-cita sebagai ilmuwan agar bisa menciptakan sebuah tehnologi baru yang mampu membuat transportasi kereta api di Indonesia sehingga dapat melaju lebih cepat seperti di negara-negara maju lainnya. Oleh karena itu Hartono sadar untuk belajar lebih giat lagi supaya bisa mewujudkan cita-citanya. Upaya yang dilakukan oleh Hartono di atas menunjukkan arti penting dari... .

a. Cita-cita nasional

b. Kemajuan Bangsa Indonesia

c. Kebngkitan Nasional

d. Cinta tanah air dan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban : c


14. Budi Utomo merupakan organisasi moden pertama di Indonesia. Nama tokoh yang mendirikan organisasi ini adalah….

a. Ir Soekarno

b. Ki Hajar Dewantara

c. dr. Soetomo

d. Dr. Cipto mangunkusumo

Kunci Jawaban : d


15. Salah satu tokoh “ Tiga Serangkai” pendiri Indische Partij yang berhasil mendirkan taman siswa bagi rakyat jelata untuk memperoleh pendidikan yang layak adalah.... .

a. Ir Soekarno

b. Ki Hajar Dewantara

c. dr. Douwes Dekker

d. Dr. Cipto mangunkusumo

Kunci Jawaban : b



16. Pergerakan Wanita yang dipelopori oleh R.A Kartini dan Dewi Sartika mempunyai peranan penting dalam pergerakan nasional yaitu... .

a. Memprotes dominasi pria atas kaum wanita

b. Mengangkat derajat wanita melalui pendidikan

c. Menyadarkan keunggulan wanita dibanding pria

d. Menciptakan persaingan yang sehat antara pria dan wanita

Kunci Jawaban : b


17. Penggagas berdirinya organisasi Budi Utomo adalah... .

a. dr. Soetomo

b. dr. Gunawan

c. dr. Wahidin Sudirohusodo

d. dr. Cipto mangunkusumo

Kunci Jawaban : c


18. Organisasi pergerakan nasional yang menggagas pelaksanaan kongres Pemuda dan berhasil membuat kesepakatan bersama yang dikenal dengan “ Sumpah Pemuda”, organisasi tersebut adalah... .

a. Partai Nasional Indonesia (PNI)

b. Gerakan rakyat indonesia (Gerindo)

c. Gabungan Politik Indonesia (Gapi)

d. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI)

Kunci Jawaban : d


19. Pernyataan yang benar berdasarkan pelaksanaan kongres pemuda ditunjukkan pada kolom... .

 

Ketua Kongres I

Ketua Kongres II

Tahun kongres

Tahun Kongres

a

M. Tabrani

Soegondo Djojopuspito

1926

1928

b

Soegondo Djojopuspito

M. Tabrani

1926

1927

c

Moh. Yamin

Soegondo Djojopuspito

1927

1928

d

M. Tabrani

Amir sjarifudin

1926

1927


Kunci Jawaban : a


20. Mr. Soenario merupakan salah satu pembicara dalam kongres pemuda II. Beliau merupakan narasumber yang membahas materi mengenai... .

a. Persatuan dan kesatuan bangsa

b. Anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan

c. Pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepaduan

d. Gerakan kepaduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional

Kunci Jawaban : c


21. Perhatikan pernyataan berikut !

  1. Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita semua pemuda Indonesia
  2. Mengucapkan ikrar sumpah pemuda
  3. Menetapkan lagu Indonesia raya sebagai lagu kebangsaan
  4. Semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah

Hasil keputusan kongres pemuda II ditunjukkan pada nomor... .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 2, 3 dan 4

d. 2, 3 dan 4

Kunci Jawaban : d


22. Seorang kakek keturunan Indonesia yang menjadi warga Rusia sering kali menangis ketika mendengar lagu “ Tanah Airku “. Betapa dia rindu untuk pulang ke Indonesia, Syair “ Tanah Airku” telah membulatkan hatinya untuk terus mengenang tanah kelahirannya dan bertekat untuk bisa pulang ke tanah kelahirannya Indonesia. Dari cerita di atas menunjukkan jiwa semangat sumpah pemuda yang berbunyi....

a. Bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia

b. Kami putra dan putri Indonesia

c. Berbahasa yang satu, bahasa Indonesia

d. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kunci Jawaban : a


23. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Sumpah pemuda merupakan produk kaum intelegensia (kaum terpelajar) dalam kongres pemuda II
  2. Momentum sumpah pemuda menggerakkan perlawanan bangsa
  3. Kaum terpelajar adalah cerminan keberhasilan pendidikan Indonesia
  4. Tali pengikat yang kuatdalam merealisasikan nasionalisme Indonesia tercermin dalm tiga tunggalnya sumpah pemuda

Arti penting sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor...

a. 1 dan 2

b. 1 dan 4

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

Kunci Jawaban : b


24. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Alasan bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan adalah... .

a. Upaya menginternasionalkan bahasa Indonesia

b. Bahasa Indonesia memiliki kosa kata yang lengkap

c. Indonesia memiliki banyak bahasa

d. Masyarakat Indonesia belum mengenal bahasa Indonesia

Kunci Jawaban : c


25. Bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman suku, agama, bahasa dan adat istiadat. Perbedaan suku bangsa tidak menjadikan kita terpecah belah, namun justru menjadi alat pemersatu bangsa. Suku-suku bangsa di Indonesia menginginkan persatuan Indonesia. Aspek tersebut merupakan salah satu aspek dalam sumpah pemuda yaitu... .

a. Satu nusa

b. Satu bahasa

c. Satu tanah air

d. Satu bangsa

Kunci Jawaban : d

26. Semboyan Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi satu jua. Hubungan yang dapat dikaitkan dengan sumpah pemuda adalah... .

a. Sumpah pemuda menjadi tonggak sejarah terbentuknya rasa persatuan

b. Sumpah pemuda menjadi tonggak awal perjuangan

c. Para pemuda melakukan kongres untuk melanjutkan perjuangan

d. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bagi bangsa Indonesia

Kunci Jawaban : a


27. Berikut yang bukan merupakan implementasi dari nilai-nilai semangat sumpah pemuda dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika adalah... .

a. Ikut mempelajari dan memperkenalkan kebudayaan daerah kepada wisatawan lokal maupun mancanegara

b. Tidak pernah mengikuti upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan Negara Kesatuan republik Indonesia

c. Mewakili Indonesia dalam ajang perlombaan Internasional

d. Ringan tangan dalam membantu evakuasi korban bencana alam tanah longsor

Kunci Jawaban : b


28. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Bangga menggunakan produk dalam negeri
  2. Memamfaatkan kekayaan alam secara bijak
  3. Bangga dan suka dengan makanan tradisional

Pernyataan tersebut merupakan bentuk pengamalan sumpah pemuda terutama yang mengandung nilai... .

a. Pesatuan

b. Rela berkorban

c. Cinta bangsa dan tanah air

d. Tanggung Jawab

Kunci Jawaban : c


29. Bangsa Indonesia harus banyak belajar kepada panitia dan peserta kongres pemuda. Mereka mampu menyelenggarakan kongres dengan lancar di tengah keberagaman yang ada. Mereka saling menghargai dan menghormati antar sesama. Perbedaan yang ada tidak menjadi penghalang bagi mereka. Berdsaarkan wacana di atas dapat disimpulkan bahwa...

a. Pemerintah Indonesia harus mencontoh tindakan yang dilakukan para pemuda zaman dahulu

b. Pelaksanan kongres menjadi cikal bakal kemajuan bangsa indonesia dalam dunia Internasional

c. kongres pemuda hanya dapat dilakukan oleh pemuda yang memiliki perbedaan latar belakang budaya

d. Sikap menghargai dan menghormati perbedaan menjadi kunci mempesatukan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban : d


30. Perbuatan yang mencerminkan sikap menjaga komitmen sumpah pemuda dalam lingungan sekolah adalah... .

a. Lidya memberikan pendapat dalam rapat OSIS

b. Toni memimpin rapat karang taruna

c. Pak Akbar memimpin rapat di balai desa

d. Surya bercita-cita ingin menjadi anggota DPR

Kunci Jawaban : a


31. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Terjadinya disintegrasi bangsa
  2. Meningkatnya kualitas sumber daya manusia
  3. Terjadinya kesenjangan sosial
  4. Westernisasi

Dampak yang dapt ditimbulkan apabila para pemuda tidak dapat mengimplementasikan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari adalah... .

a. 1, 2 dan 3

b. 2, 3 dan 4

c. 1, 3 dan 4

d. 2, 3 dan 4

Kunci Jawaban : c



32. Suatu keadaan yang menunjukkan adanya kesadaran untuk menyerahkan kesetian tertinggi dari setiap pribumi kepada negara/ bangsa. Pernyataan tersebut di atas merupakan pengertian dari ... .

a. Nasionalisme

b. Semangat kebangsaan

c. Komitmen kebangsaan

d. Semangat dan komitmen kebangsaan

Kunci Jawaban : b


33. Salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat menumbuhkan semangat dan komitmen kebangsaan adalah dengan memupuk... .

a. Nasionalisme dan individulisme

b. Patriotisme dan individualisme

c. Individualisme dan liberalisme

d. Nasionalisme dan patriotisme

Kunci Jawaban : d


34. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Memiliki semangat untuk memecah persatuan dan kesatuan
  2. Memiliki semangat berkorban demi kepentingan bangsa dan negara
  3. Semangat berjuang mempertahankan kemerdekaan
  4. Menyebarkan berita buruk yang menimbulkan konflik

Sikap dari komitmen kebangsaan ditunjukkan oleh nomor... .

a. 1 dan 3

b. 1 dan 4

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

Kunci Jawaban : c


35. Chauvinisme atau sauvinisme adalah... .

a. Perasaan atau rasa cinta terhadap bangsanya yang samgat tinggi atau berlebihan sehingga memandang rendah bangsa lain

b. Perasaan cinta yang tinggi terhadap bangsa dan negara tampa memandang rendah bangsa lain

c. Sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya serta semangat cinta tanah air

d. Persaan cinta tanah air sehingga menimbulkan kerelaan berkorban demi bangsa dan negaranya

Kunci Jawaban : a


36. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Melindungi segenap bangsa
  2. Perasaan senasip (Penjajahan selama 350 tahun)
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Adanya keinginan bersama untuk merdeka
  5. Kesatuan tempat tinggal seluruh wilayah nusantara

Faktor yang melandasi perkembangan nasionalisme di Indonesia ditinjau dari segi historis (sejarah) ditunjukkan pada nomor... .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 5

c. 2, 3 dan 4

d. 2, 4 dan 5

Kunci Jawaban : d


37. Salah satu contoh nilai yang dapat menumbuhkan semangat jiwa nasionalisme dan patriotisme adalah...

a. Melestarikan kebudayaan Indonesia

b. Mengembangkan sikap pluralisme

c. Cinta dan bangga pada produk-produk impor

d. Bersikap acuh terhadap pembangunan negara

Kunci Jawaban : a


38. Perjuangan bangsa Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, tapi bersifat nasional, perjuangan dilakukan dengan organisasi modern. Pernyataan tersebut diatas merupakan perwujudan semangat nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia pada masa... .

a. Sebelum masa kebangkitan nasional

b. Masa kebangkitan nasional

c. Masa sumpah Pemuda

d. Masa Proklamasi Kemerdekaan

Kunci Jawaban : b


39. Peraturan pemerintah yang mengatur penetapan lagu Indonesia Raya dijadikan sebagai lagu kebangsaan Indonesia adalah... .

a. PP No. 51 tahun 1951

b. PP No. 40 Tahun 1958

c. PP No. 44 tahun 1958

d. PP No. 51 tahun 1966

Kunci Jawaban : c


40. Dalam konstitusi (UUD 1945), bendera kebangsaan Negara kesatuan Republik Indonesia diatur dalam pasal... .

a. 34 UUD 1945

b. 35 UUD 1945

c. 36 UUD 1945

d. 37 UUD 1945

Kunci Jawaban : b


41. Lambang negara sebagai simbol negara wajib digunakan pada tempat atau benda-benda penting kenegaraan seperti... .

a. Buku pelajaran

b. Paspor

c. Kendaraan Pribadi

d. Merek dagang asli indonesia

Kunci Jawaban : b


42. Sosok seseorang yang terkenal dan disegani karena pengaruhnya sangat besar di dalam masyarakat. Sosok semacam itu perlu dijadikan sandaran pedoman guna memberikan motivasi dan semangat bagi generasi muda. Semangat kebangsaan semacam ini diperoleh melalui... .

a. Pewarisan

b. Keteladanan

c. Pembudayaan

d. Ketokohan

Kunci Jawaban : d


43. Perhatikan sikap-sikap berikut ini !

  1. Menaati setiap peraturan yang berlaku di Indonesia tampa memandang latar belakang seseorang
  2. Menyediakan tempat pelatihan bidang menjahit untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat dalam menghasilkan produk yang lebih berkualitas
  3. Menjaga keutuhan dan kedaulatan negara serta mempererat persatuan bangsa Indonesia
  4. Menyediakan lapangan kerja untuk memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar
  5. Ikut serta dalam mempertahankan kesamaan dan kebersamaan bangsa, bahasa dan tanah air Indonesia

Perilaku menjaga kesatuan negara Indonesia sebagai wujud semangat dan komitmen kebangsaan ditunjukkan oleh nomor... .

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 3 dan 5

c. 2, 3 dan 4

d. 3, 4 dan 5

Kunci Jawaban : b


44. Salah satu sikap yang dapat dilakukan oleh siswa sebagai upaya menumbuhkan jiwa dan semangat kebangsaan dilingkungan sekolah adalah... .

a. Mengikuti kegiatan karang taruna

b. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat

c. Menjenguk tetangga yang sedang sakit

d. menggunakan produk-produk impor

Kunci Jawaban : b


45. Semangat kebangsaan dapat ditumbuhkan dengan meningkatkan rasa nasionalisme sehingga diperlukan sikap rela berkorban. Wujud sikap rela berkorban yang dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah... .

a. Memberikan bantuan kepada orang lain tampa membedakan agama

b. Melaksanakan dan memahami ajaran agama lain

c. Mengembangkan sikap fanatisme yang berlebihan

d. Mengakui setiap warga negara bebas menjalankan ibadahnya

Kunci Jawaban : a


B. Tulislah jawaban soal nomor 46 s.d. 50 dengan benar pada lembar jawaban yang sudah disediakan!

46. Tuliskan pengertian Kebangkitan Nasional !

Kunci Jawaban

Kebangkitan Nasional adalah masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan,kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan jepang


47. Tuliskan tokoh-tokoh pendiri organisasi Indische Partij yang dikenal dengan tiga serangkai

Kunci Jawaban

Tokoh-tokoh pendiri organisasi Indische Partij yang dikenal dengan tiga serangkai

1. Ki Hajar Dewantara (Suardi Suryaningrat)

2. Dr Cipto Mangunkusumo

3. Dr. Douwes Dekker


48. Tuliskan tujuan pokok diselenggarakannya kongres pemuda II Tahun 1928

Kunci Jawaban

Tujuan pokok diselenggarakannya kongres pemuda II Tahun 1928 antara lain:

1. Melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia

2. membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia

3. Memperkuat kesadaran kebangsaan Indonesia dan memperteguh persatuan Indonesia


49. Tuliskan secara lengkap isi Sumpah Pemuda

Kunci Jawaban

Isi Sumpah Pemuda

1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu,tanah Indonesia

2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

3.   Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia


50. Tuliskan 4 (empat) fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara.

Kunci Jawaban

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara antara lain

1. Bahasa remi negara

2. Pengantar dalam dunia pendidikan

3. Komunikasi tingkat Nasional

4. Pengembangan kebudayaan nasional

5. Transakasi dan dokumen niaga

6. Sarana pengembangan dan pemamfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, Seni, dan bahasa media massa

Post a Comment

Previous Post Next Post